
KUNCI SUKSES USAHA / INDUSTRI KOPI :
KOPI bubuk merupakan produk olahan
KOPI yang dominan penggunaannya di dalam negeri dari pada jenis
KOPI olahan lainnya. Pengolahan
KOPI bubuk ini relatif sederhana sehingga dapat dilakukan pada skala usaha rumah tangga. Karena itu, di pasar cukup banyak ditemukan
KOPI tanpa merek yang memiliki pangsa pasar tersendiri dan tetap eksis. Mengapa demikian?
Karena
KOPI ini sifat penggunaannya mirip dengan rokok. Ada faktor kecanduan pada rasa dan aroma tertentu. Jadi, defenisi kualitas pada produk
KOPI sebetulnya lebih merujuk kepada rasa dan aroma yang sudah melekat pada kebiasaan mengkonsumsi jenis
KOPI tertentu. Inilah yang membuat
KOPI bubuk tanpa merek akan tetap eksis. Artinya, salah satu faktor kunci di industri
KOPI ini agak tetap eksis adalah dalam hal mempertahankan konsistensi rasa dan aroma
KOPI original, dan telah diperkenalkan kepada konsumen sejak mereka berumur di atas 15 (lima belas) tahun. Dibarengi dengan pembelajaran kepada konsumen secara terus menerus tentang khasiat minuman ini dalam mempertahankan stamina tetap stabil (tidak menjadi loyo atau ngantuk), dan sebaliknya sekaligus juga pemberitahuan larangan bagi mereka yang terkena penyakit tertentu.
Ke depan, produsen yang eksis adalah produsen yang mampu memperkenalkan
KOPI dengan rasa dan aroma yang khas dan menjaga konsistensi kekhasan tersebut. Untuk menjaga konsistensi kekhasan
KOPI, produsen mau tidak mau harus bermitra dengan kelompok tani
KOPI dan memberikan pembimbingan budidaya yang tepat agar didapatkan kualitas
KOPI yang seragam dan baik, sebagaimana selama ini telah dikembangkan oleh PT Toarco Jaya di Sulawesi Selatan dan PT Nestle Indonesia di Lampung Selatan.
Selanjutnya, untuk memperluas wilayah distribusi produk, maka mau tidak mau kunci suksesnya terletak pada keberanian mempromosikan produk, terutama media cetak atau media radio; dan yang lebih canggih lagi adalah melalui layar televisi, sebagaimana telah dilakukan pertama kali oleh
KOPI Kapal Api ketika pada awalnya
KOPI ini menjangkau daerah Jawa, dan kemudian ke luar Jawa.
Artikel Terkait:
KARAKTERISTIK USAHA INDUSTRI KOPI DI INDONESIA (SERIAL BUDIDAYA KOPI)PRODUSEN DAN PERKEMBANGAN PRODUKSI KOPI (SERIAL BUDIDAYA KOPI)PRODUSEN DAN PERKEMBANGAN PRODUK KOPI (SERIAL BUDIDAYA KOPI) BAG 2PETA PRODUSEN KOPI DI INDONESIA (SERIAL BUDIDAYA KOPI)PERKEMBANGAN INDUSTRI KOPI DI INDONESIA (SERIAL BUDIDAYA KOPI)
Peluang Usaha UKM
0 komentar:
Posting Komentar