Jumat, 30 September 2011

MENGINTIP PELUANG USAHA TABULAMPOT DURIAN

Selama ini Anda di kenal sebagai petani buahdurian yang sukses. Hasil panen melimpah dan kualitas buah yang sudah tidak diragukan lagi mungkin sudah menempatkan Anda pada posisi seorang petani buahyang sukses. Pernahkah terpikir oleh Anda untuk mendapatkapenghasilanlain namun tidak harus meninggalkan bisnis durianAnda? Apa yang harus anda lakukanselain memasarkan hasil buahdurian?

Saat ini sudah menjadi trend tersendiri dikalangan pencinta tanaman Tabulampot atau menanam buah dalam pot. Tabulampot ini menjadi solusi tersendiri bagi penghoby tanaman yangmemiliki keterbatasan lahan. Disamping itu, tabulampot selain betujuan untuk mendapatkanbuah hasil panen tanamannya, dapat juga difungsikansebagi “tanaman hias” penghijaudan penambah asri halaman rumah. Dan saat ini sudah banyak penggemarnya,ini berarti peluang usaha tersendiri untuk menjadikan tambulampot sebagai lahan bisnis Anda.

Kembali lagi ke buahdurian, sebagai usaha sampingan selain memasarkanhasil panenbuadurian. Anda dapat mengembangkan usaha Anda dengan menjual bibit ataupun tanaman durian Anda dalam bentuk tabulampot durian. Bagi Anda yang sudahbergelut dalam usaha durianataupun Anda yangingin mengawali langkahuntuk bisnis tabulampot durianini, sebagai tahap awal berikut beberapa ulasan pertanyaan yang mungkin saja muncul seputar usaha tabulampot durian.


Seperti budidaya tanaman lain, iklim seperti apakah, serta berapakah suhu yangcocok dan ketinggiantempat yang optimumuntuk mengembangkantanaman durian?

Jawab : Tanaman durian tumbuh optimal di dataran rendah sampai ketinggian 600 meter dpl dan bersuhu 25-30oC. Daerah beriklim basah seperti Jakarta dan Bogor punsesuai untuk tanaman durian.


Berapakah jarak tanam ideal antar pohonuntuktanaman durian?

Jawab : Jarak tanam yanbaik 12 m X 12 m atau 10 m x 10 m tergantung pada varietasnya. Disamping itu lokasi budidaaya harus terbuka atau tanpa naungan.


Jenis pupukapakah yang perlu ditambahkan untuk meningkatkan kualitas buah durian?

Jawab : Andadapat menambahkan pupuk berkadar kalium tinggi seperti NPK 16-16-16 berwarnabiru


Pada saat membuat tabulampot untuk keperluan usaha (dengantujuandijual) tempat apa yangdapat digunakan agar efisien dan bagaimana cara penanamannya?

Jawab: Sebagai tempat dapat digunakandrum. Pada saat menanam dalam drum, akar tidak perlu dibungkus karung plastik atau polibag. Pada bagian dasar drum letakan pecahan genting ataupun batu-batuan kecil untuk drainase. Polibag diperlukan bila bibit akan dijual supaya mudah mengangkkutnya dantanaman tidak mudahlayu. Ganjal drum dengan batu bata setinggi 20 cm, dengan tujuan agar akar tidak menembus tanah setelah keluar dari lubang dasar drum. Akar yangkeluar drum akankering danmati terkena sinar matahari.


Apakah penggunaan drum sebagai tempatpenanaman bibit durian akan berpengaruh terhadap kualitas pohon dan buah ?

Jawab : Pertumbuhan vegetatif tabulampot durian tidak terganggu. Sebagai media tanam, gunakan campuran tanah dan kompos matang dengan perbandingan 2:1. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan gunakan kompos daun bambu.

Semoga uraian diatas dapat memberikangambaran awal mengenai peluang usaha tabulampot durian

tabulampot durian (18), tabulampot (6), teknik penanaman tabulampot durian (5), budidaya tabulampot (4), tambulampot durian (3), bisnis tabulampot (3), budidaya tabulapot (2), tambulapot durian (2), durian dataran rendah (2), teknik tabulampot (2), tempat tabulampot (1), sukses menanam buah durian dalam pot (1), menanam durian dataran rendah (1), TABULAMPOT BUAH (1), www cara2 agar kualitas tanaman durian berhasil (1), tabulampot salak (1), usaha tanaman buah dalam pot - tabulampot (1), Tabulapot durian (1), usaha tabulanpot (1), usaha tabulampot (1), tanaman durian dataran rendah (1), teknik menanam tanaman buah durian dalam pot tabulampot (1), tips tabulampot (1), tip membuat tabulampot (1), sukses dengan tabulampot (1), proses pertubuhan vegetatif pada tabulampot (1), petani tabulampot (1), durian tambulampot (1), DURIAN TABULAMPOT (1), budidaya tabulampot jakarta (1), drum untuk tabulapot (1), cara menanam durian dalam pot (1), cara membuat tabulampot durian (1), budidaya jangkrik di malang (1), budidaya durian dalam pot (1), durian tambulapot (1), harga bibit tabulampot (1), peluang usaha tabulampot (1), peluang tabulampot (1), peluan usaha UKM (1), olahan keripik biji durian (1), npk 16-16-16 organik pada tabulampot (1), menanam durian dalam drum (1), macam pupuk organik untuk pertumbuhan vegetatif tabulampot (1), jual bibit melon gordes jakarta (1), budidaya buah dalam pot (1)

Artikel Terkait:

Peluang Usaha Budidaya Durian (bagian 2)Peluang Usaha Budidaya Durian (bagian 1)

Peluang Usaha UKM

0 komentar:

Posting Komentar