Selasa, 04 Oktober 2011

Pohon Industri Karet Indonesia 2011

peluangusahakaret Diagram Pohon Industri Karet : Produk utama tanaman karet adalah getah dan kayunya. Getah karet dalam berbagai bentuk bahan olah karet merupakan bahan baku bagi berbagai indutri karet, sedangkan kayu karet dipergunakan sebagai kayu gergajian untuk sektor konstruksi maupun untuk furniture. Kayu karet juga banyak dipakai untuk membuat arang kayu dan pulp. Secara rinci, pemanfaatan produk tanaman karet disajikan dalam diagram pohon industri karet berikut ini.

clip_image002

Sumber: Departemen perindustrian

Diagram di atas menunjukkan pohon industri berbasis karet. Tampak bahwa selain untuk bahan baku ban kendaraan, cukup banyak ragam produk yang dapat dihasilkan dari lateks, sementara potensi produk kayu karet tua belum dapat dimanfaatkan secara optimal. Padahal, pemanfaatan kayu karet merupakan peluang baru untuk meningkatkan margin keuntungan dalam agribisnis karet.

Saat ini, kayu karet sebenarnya banyak diminati baik oleh konsumen dalam negeri maupun luar negeri, karena warnanya yang cerah dan coraknya seperti kayu ramin. Di samping itu, kayu karet juga merupakan salah satu kayu tropis yang memenuhi persyaratan ekolabeling karena komoditi ini dibudidayakan (renewable) dengan kegunaan yang cukup luas, yaitu sebagai bahan baku perabotan rumah tangga, particle board, parquet, MDF (Medium Density Fibreboard) dan lain sebagainya. Oleh karena itu, agribisnis karet saat ini bukan hanya berorientasi untuk produksi lateks (polimer), tetapi juga untuk produksi kayu.

Artikel Terkait:

KINERJA INDUSTRI KARET INDONESIA Ketersediaan Lahan Perkebunan KaretPotensi Industri Pengolahan Karet : Klaster industri pengolahan KaretPEREMAJAAN DAN PERLUASAN PERKEBUNAN KARET dalam Tuntutan Peremajaan Perkebunan Karet RakyatDukungan Kebijakan dalam Revitalisasi Perkebunan KaretPELUANG DAN TANTANGAN USAHA AGROINDUSTRI KARET

Peluang Usaha UKM

0 komentar:

Posting Komentar